Rabu, 07 Januari 2009

1- Membuat Kincir Angin, suatu ide

Ide untuk membuat kincir angin datang ketika saya berada di kapal pengeboran (drill ship) Frontier Duchess yang berlayar dari laut Banda ke laut Jawa. Saya bertugas sebagai juru tehnis dari perangkat telekomunikasi satellite yang digunakan untuk keperluan telepon dan data. Suatu malam pada 14 Agustus 2006 kebetulan sedang browsing di internet saya menemukan www.scoraigwind.com dan www.otherpower.com. Kedua situs ini membahas tentang sumber energi listrik yang bisa diperbaharui. Dari sinilah kemudian saya terinspirasi untuk membuat kincir angin listrik. Semua informasi di situs tersebut saya download ke komputer, tapi belum semuanya saya download.
 Vessel Drilling Frontier Duchess in Papua
Frontier Duchess.
Yang memotivasi saya untuk membuat kincir angin ini adalah karena pemadaman arus listrik yang kerap kali terjadi di Balikpapan. Sejak awal 2006 pendistribusian listrik sering mengalami gangguan akibat adanya kerusakan generator yang dimiliki PLN.
 PLN
Kerena kesibukan dengan pekerjaan maka pembuatan kincir angin listrik ini hanya bisa saya lakukan ketika sedang cuti atau pulang ke Indonesia untuk berlibur. Jadi cukup memakan waktu.........dd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar