Rabu, 07 Januari 2009

3- Berburu ke pasar loak

12-Mei-2007, beli hub Kijang 3K seharga Rp 200.000,-, di pasar loak Kebun Sayur. Saya memilih ini karena putarannya lebih lembut dan halus. Tapi setelah dibersihkan ternyata hub ini tidak balance ketika sedang berputar.

 Hub1
Hub mobil Kijang 3K

13-Mei-2007, kembali ke pasar loak Kebun Sayur dan kali ini dapat hub Suzuki Carry. Hanya harganya sedikit lebih mahal yaitua Rp 250.000,-. Dari bentuknya hub ini cekup baik dan memenuhi syarat untuk dijadikan bagian dari kincir angin.

Setelah dibersihkan barulah kelihatan bentuk detail. Selanjutnya adalah menyerahkannya ke teman untuk dibubut sesuai ukuran. Kebetulan teman ini, Emy (Badrani) juga anggota FM Homebrew Balikpapan. Pengerjaan bubut dilakukan di bengkel dimana dia bekerja dan biayanya Rp 250.000,-. Lima hari kemudian diantar ke rumah, wah luar biasa hasilnya........

 Hub2

 Hub3

 Hub3
Wheel hub Suzuki Cary.

Dua minggu kemudian saya datang lagi ke pasar loak Kebun Sayur dan beli lagi bearing hub dengan harga yang sama yaitu Rp 250.000,-. Setelah dibersihkan barulah kelihatan ada cacat pada bagian drat atau alur baut sehingga baut tidak dapat mengikat sebagaimana mestinya. Keesokan harinya kembali saya ke kebun sayur dan tukar dengan yang lain. Kebetulan yang jual namanya pak Abu sudah kenal baik.

Setelah dibersihkan saya langsung menghubungi Emy (Badrani) untuk pengerjaan bubut dan seminggu kemudian sudah selesai, ongkos bubut Rp 250.000,-.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar